Atasi Kesenjangan Digital, Pemda Sigi, Common Room dan Roa Jaga Roa Gelar Pelatihan Internet

LensaSulteng.com, PALU – Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dan organisasi non-profit Common Room bekerja sama dengan Roa Jaga Roa (RJR) untuk menggelar program pelatihan teknis jaringan internet dan literasi digital di Desa Toro, Sulawesi Tengah.
Program ini, yang diadakan mulai 13 hingga 17 Mei 2024, merupakan bagian dari upaya bersama dalam mengatasi kesenjangan digital di pedesaan.

Dalam pelatihan tersebut, fokus diberikan pada peningkatan kapasitas teknisi jaringan internet dasar bagi masyarakat pedesaan, dengan tujuan mengembangkan infrastruktur internet berbasis komunitas.
Program ini juga mendapat dukungan dari Foreign, Commonwealth and Development Office (FCDO) melalui Digital Access Programme (DAP), serta berkolaborasi dengan Association for Progressive Communications (APC) untuk menciptakan pendekatan yang berkelanjutan dalam menghadapi tantangan kesenjangan digital.

Menanggapi kegiatan ini, Kesa dari Common Room menyatakan, Sekolah Internet Komunitas (SIK) adalah langkah konkret dalam memenuhi kebutuhan akses internet yang aman dan terjangkau bagi masyarakat pedesaan.
“Ini juga merupakan upaya untuk memberdayakan komunitas dalam memanfaatkan teknologi digital secara optimal,” kata Kesa.

Sementara itu, Asisten II Pemerintah Kabupaten Sigi, Sutopo, menekankan pentingnya pengembangan kapasitas teknis jaringan internet di tingkat desa.
“Kami berharap program ini tidak hanya memberikan manfaat dalam jangka pendek, tetapi juga berkelanjutan dalam mengurangi kesenjangan digital di wilayah pedesaan,” ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya program ini, masyarakat desa dapat lebih terampil dalam menggunakan internet untuk memajukan berbagai sektor, seperti pertanian dan pendidikan, sehingga terwujud kemajuan yang merata dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *