Sulawesi Tengah Targetkan Kenaikan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani di RPJPD 2025-2045

LensaSulteng.com, PALU – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Diskusi Kelompok Terarah (FGD) bersama Tim Pendamping RPJPD Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah pada Kamis, 2 April 2024. FGD ini bertujuan untuk menyusun rencana program dan kegiatan sektor pertanian sebagai proyeksi RPJPD Tahun 2025-2045.

Kepala Dinas TPH, Nelson Metubun, menjelaskan bahwa RPJPD memuat arah kebijakan dan strategi untuk mewujudkan proyeksi sektor pertanian di Sulawesi Tengah. “Arah capaian sektor Pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani sekaligus meningkatkan kapasitas produksi tanaman pangan dan hortikultura,” jelas Nelson.

Penguatan peran UPT sebagai lembaga teknis yang melakukan pendampingan kepada petani untuk meningkatkan kualitas dan jumlah produksi juga menjadi fokus utama dalam diskusi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Nelson melaporkan hasil awal kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) P3KE di beberapa Kabupaten. Hasil monev menunjukkan pengaruh positif terhadap kenaikan pendapatan bagi petani penerima program.

Tim Pendamping Pemprov Sulteng yang dipimpin Arifuddin Bidin memberikan apresiasi terhadap hasil pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan Dinas TPH.

Berdasarkan Rilis Berita BPS Provinsi Sulawesi Tengah Periode April 2024, sektor TPH menunjukkan angka keberhasilan. Nilai Tukar Petani (NTP) naik menjadi 3,20 persen dari 119,13 persen menjadi 122,94 persen. Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP) naik 3,59 persen dari 120,60 persen menjadi 124,93 persen.

Meskipun sub sektor tanaman pangan mengalami penurunan akibat faktor cuaca, kekurangan pupuk, dan serangan hama penyakit, sub sektor hortikultura mengalami kenaikan signifikan berkat produksi buah durian. “Hal ini juga mempengaruhi nilai ekspor hasil-hasil Pertanian Sulawesi Tengah,” jelas Nelson.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *